Sekilas Isi Buku Qawaid Qur’aniyah

Resensi Buku

Banyak manusia kagum dengan potongan, nukilan, atau quote dari perkataan orang bijak, motivator, atau dari hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Ini semua sebenarnya tidak masalah. Namun alangkah baiknya jika kita mengutamakan mengambil faidah dari ayat-ayat Al Qur’an sehingga pengaruh Al Qur’an akan sangat membekas dalam diri kita. Jika Nabi shallallahu alaihi wa sallam saja dianugerahi Jawami’ul Kalim oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, yaitu kemampuan mengolah kata dengan singkat, jelas namun padat dan sarat makna, lalu bagaimanakah menurut Anda kalam Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala? Tentu saja Kalam Ilahi lebih penuh makna dan faidah.

Syaikh Dr. Umar Al Muqbil hafizhahullah menulis sebuah kitab yang berisi 50 kaidah yang diambil dari potongan ayat Al-Qur’an. Secara ringkas maksud dari Qawaid Qur’aniyah adalah “Hukum hukum yang global dan pasti, yang diambil dari teks-teks Al-Qur’an”. Sesuai judulnya, beliau memulai setiap kaidah nya dengan penggalan ayat Al-Qur’an kemudian menjelaskan faidahnya.

Kaidah yang beliau sebutkan tidak terbatas hanya satu atau dua aspek, misalnya tauhid atau ibadah saja. Ada kaidah bagaimana seorang hamba memperbaiki hubungannya dengan dirinya dan bagaimana berinteraksi dengan sesama manusia dan kaidah-kaidah kainnya. Penjelasan kaidah- kaidah Al-Qur’an ini akan sangat bermanfaat bagi kita dalam menjalani kehidupan. 

Syaikh Dr. Firanda hafizhahullah dalam pembahasan kitab ini mengatakan, “Orang yang menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidupnya dia akan menjadi yang terbaik dalam segala hal. Jika mempelajari akhlak dalam Al-Qur’an maka dia akan menjadi baik akhlaknya. Demikian pula sisi lainnya dalam Al-Qur’an maka dia akan menjadi terbaik dari semua sisinya.”

Penerbit Darul Haq, Jakarta menerbitkan buku terjemahan Kitab ini dan memberi judul 50 Prinsip Pokok Ajaran Al-Qur’an: Bekal Membangun Jiwa yang Kuat dan Pribadi yang Luhur. Bagi Anda yang rindu perubahan ke yang lebih baik untuk diri sendiri, buku ini cocok untuk dijadikan bekal. Untuk semakin memperluas wawasan, Anda bisa menyimak pembahasan kitab ini oleh Ustadzuna Dr. Firanda Andirja hafizhahullah di:
https://youtu.be/VFruoFEPDgE .

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي القُرْأنِ العَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الاَيَاتِ وَ ذِكْرِالحَكِيْمِ وَ تَقَبَّلَ اللهُ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمِ

Resensi by Abu Fathimah Al-Banteni

Print Friendly, PDF & Email